Total Tayangan Halaman

Rabu, 26 Agustus 2020

Ziarah Ketujuh

Diriwayatkan oleh Sayid Ibnu Thawus (ra) dalam kitab “Mishbâh az-Zâir,” beliau berkata, “Yang saya maksud dengan Babussalam adalah pintu di area makam Amirul Mukminin as yang melaluinya, makam beliau as dapat dilihat secara langsung. Ucapkanlah takbir sebanyak 34 kali, lantas ucapkanlah, سَلاَمُ اللَّهِ وَ سَلاَمُ مَلآئِكَتِهِ الْمُقَرَّبِيْنَ، وَ أَنْبِيَائِهِ الْمُرْسَلِيْنَ، وَ عِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ، وَ جَمِيْعِ الشُّهَدَاءِ وَ الصِّدِيْقِيْنَ عَلَيْكَ يَا أَمِيْرَ الْمُؤْمِنِيْنَ، Semoga salam Allah, para malaikat terdekat Allah, para nabi-Nya yang diutus, para hamba-Nya yang saleh, dan salam semua syuhada dan orang-orang yang benar senantiasa tercurahkan atasmu, wahai Amirul Mukminin! اَلسَّلاَمُ عَلَى آدَمَ صَفْوَةِ اللَّهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى نُوْحٍ نَبِيِّ اللَّهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِ اللَّهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى مُوْسَى كَلِيْمِ اللَّهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى عِيْسَى رُوْحِ اللَّهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى مُحَمَّدٍ حَبِيْبِ اللَّهِ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكاَتُهُ، Salam sejahtera atas Adam, Pilihan Allah. Salam sejahtera atas Nuh, Nabi Allah. Salam sejahtera atas Ibrahim manusia, Kekasih Allah. Salam sejahtera atas Musa, Kalimullah. Salam sejahtera atas Isa, Ruhullah. Salam sejahtera atas Muhammad, Kekasih Allah. Semoga rahmat dan berkah Allah tercurahkan atasmu. اَلسَّلاَمُ عَلَى إِسْمِ اللَّهِ الرَّضِيِّ، وَ وَجْهِهِ الْعَلِيِّ وَ صِرَاطِهِ السَّوِيِّ، Salam sejahtera atas nama Allah yang diridhai, wajah-Nya yang Tinggi, dan jalan-Nya yang lurus اَلسَّلاَمُ عَلَى الْمُهَذَّبِ الصَّفِيِّ، Salam sejahtera atas orang yang berbudi baik lagi suci. اَلسَّلاَمُ عَلَى أَبِي الْحَسَنِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبِ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكاَتُهُ، Salam sejahtera atas Abul Hasan Ali bin Abi Thalib. Semoga rahmat dan berkah Allah selalu tercurahkan atasnya اَلسَّلاَمُ عَلَى خَالِصِ اْلأَخِلاَّءِ، Salam sejahtera atas kekasih-Nya yang paling suci اَلسَّلاَمُ عَلَى الْمَخْصُوْصِ بِسَيِّدَةِ النِّسَاءِ، Salam sejahtera atas orang yang dikhususkan untuk menjadi pasangan sang penhulu para wanita semesta alam (az-Zahra) اَلسَّلاَمُ عَلَى الْمَوْلُوْدِ فِي الْكَعْبَةِ الْمُزَوَّجِ فِي السَّمَاءِ، Salam sejahtera atas orang yang dilahirkan di Ka‘bah dan yang akad pernikahannya dilangsungkan di langit. اَلسَّلاَمُ عَلَى أَسَدِ اللَّهِ فِي الْوَغَى، Salam sejahtera atas Singa Allah ketika peperangan اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ شُرِّفَتْ بِهِ مَكَّةُ وَ مِنَى، Salam sejahtera atas orang di mana Mekkah dan Mina menjadi mulia dengannya اَلسَّلاَمُ عَلَى صَاحِبِ الْحَوْضِ وَ حَامِلِ اللِّوَاءِ، Salam sejahtera atas pemilik telaga di surga dan pembawa panji ketika peperangn اَلسَّلاَمُ عَلَى خَامِسِ أَهْلِ الْعَبَاءِ، Salam sejahtera atas orang kelima dari penghuni kain Kisa اَلسَّلاَمُ عَلَى الْبَائِتِ عَلَى فِرَاشِ النَّبِيِّ وَ مُفْدِيْهِ بِنَفْسِهِ مِنَ اْلأَعْدَاءِ، Salam sejahtera atas orang yang telah tidur di atas dipan Rasulullah di Lailatul Mabit dan telah mengorbankan jiwanya dari bahaya para musuh, اَلسَّلاَمُ عَلَى قَالِعِ بَابِ خَيْبَرَ، وَ الدَّاحِيِ بِهِ فِي الْفَضَاءِ، Salam sejahtera atas pendobrak pintu Benteng Khaibar lalu diangkatnya ke udara. اَلسَّلاَمُ عَلَى مُكَلِّمِ الْفِتْيَةِ فِي كَهْفِهِمْ بِلِسَانِ اْلأَنْبِيَاءِ، Salam sejahtera atas orang yang berbicara dengan Ashabul-Kahfi dengan bahasa para nabi اَلسَّلاَمُ عَلَى مُنِْبعِ الْقَلِيْبِ فِي الْفَلاَ، Salam sejahtera atas orang yang dengan mukjizatnya sumur yang kering di padang sahara menjadi berair اَلسَّلاَمُ عَلَى قَالِعِ الصَّخْرَةِ وَ قَدْ عَجَزَ عَنْهَا الرِّجَالُ اْلأَشِدَّاءُ، Salam sejahtera atas orang yang dengan sendirian, dia telah mengangkat batu yang sangat besar di mana orang-orang yang sangat kuat dan perkasa pun tidak mampu melakukannya اَلسَّلاَمُ عَلَى مُخَاطِبِ الثُّعْبَانِ عَلَى مِنْبَرِ الْكُوْفَةِ بِلِسَانِ الْفُصَحَاءِ، Salam sejahtera atas orang yang dengan bahasa fasih, dia telah berbicara dengan ular besar di atas mimbar kota Kufah اَلسَّلاَمُ عَلَى مُخَاطِبِ الذِّئْبِ وَ مُكَلِّمِ الْجُمْجُمَةِ بِالنَّهْرَوَانِ وَ قَدْ نَخِرَتِ الْعِظَامُ بِالْبَلاَ، Salam sejahtera atas orang yang telah berbicara dengan serigala dan tengkorak kepala orang yang telah mati di kota Nahrawan dan merapuhkan tulang-belulang dengan kelusuhan اَلسَّلاَمُ عَلَى صَاحِبِ الشَّفَاعَةِ فِي يَوْمِ الْوَرَى وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكاَتُهُ، Salam sejahtera atas pemilik syafaat di hari padang Mahsyar. Semoga rahmat dan berkah Allah tercurahkan atasnya اَلسَّلاَمُ عَلَى اْلإِمَامِ الزَّكيِّ حَلِيْفِ الْمِحْرَابِ، Salam sejahtera atas Imam yang suci dan yang syahid di mihrab ibadah اَلسَّلاَمُ عَلَى صَاحِبِ الْمُعْجِزِ الْبَاهِرِ، وَ النَّاطِقِ بِالْحِكْمَةِ وَ الصَّوَابِ، Salam sejahtera atas pemilik mukjizat yang gemilang, dan yang berbicara dengan hikmah dan benar اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ عِنْدَهُ تَأْوِيْلُ الْمُحْكَمِ وَ الْمُتَشَابَهِ وَ عِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ، Salam sejahtera atas orang yang memiliki pengetahuan penakwilan ayat Muhkamat dan ayat Mutasyabihat serta pemilik pengetahuan mengenai hakikat Ummul-Kitab اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ رُدَّتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ حِيْنَ تَوَارَتْ بِالْحِجَابِ، Salam sejahtera atas orang yang dengan mukjizatnya, dia telah mengembalikan matahari yang telah bersembunyi di sebelah Barat اَلسَّلاَمُ عَلَى مُحْيِيِ اللَّيْلِ الْبَهِيْمِ بِالتَّهَجُّدِ وَ اْلإِكْتِئَابِ، Salam sejahtera atas orang yang telah menghidupkan malamnya dengan menangis dan bermunajat serta shalat tahajud اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ خَاطَبَهُ جِبْرَائِيْلُ بِإِمْرَةِ الْمُؤْمِنِيْنَ بِغَيْرِ إِرْتِيَابِ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكاَتُهُ، Salam sejahtera atas orang yang Jibril as dengan yakin dan tanpa keraguan memanggilnya Amirul Mukminin. Semoga rahmat dan berkah Allah selalu tercurahkan atasnya اَلسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِ السَّادَاتِ، Salam sejahtera atas penghulu para sayid اَلسَّلاَمُ عَلَى صَاحِبِ الْمُعْجِزَاتِ، Salam sejahtera atas pemilik mukjizat-mukjizat اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ عَجِبَ مِنْ حَمَلاَتِهِ فِي الْحُرُوْبِ مَلآئِكَةُ سَبْعِ سَمَاوَاتِ، Salam sejahtera atas orang yang para malaikat langit tujuh merasa takjub atas serangan-serangannya yang dilakukan di medan perang اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَاجَى الرَّسُوْلَ فَقَدَّمَ بَيْنَ يَدَي نَجْوَاهُ صَدَقَاتٍ، Salam sejahtera atas orang yang Rasulullah hanya kepadanya mengutarakan rahasianya di mana kalau orang lain ingin berbicara secara rahasia dengan Rasul harus mengeluarkan sedekah اَلسَّلاَمُ عَلَى أَمِيْرِ الْجُيُوْشِ، وَ صَاحِبِ الْغَزَوَاتِ، Salam sejahtera atas panglima prajurit dan pemilik semua peperangan اَلسَّلاَمُ عَلَى مُخَاطِبِ ذِئْبِ الْفَلَوَاتِ، Salam sejahtera atas orang yang telah berbicara dengan serigala padang sahara اَلسَّلاَمُ عَلَى نُوْرِ اللَّهِ فِي الظُّلُمَاتِ، Salam sejahtera atas cahaya Ilahi dalam kegelapan اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ رُدَّتْ لَهُ الشَّمْسُ فَقَضَى مَا فَاتَهُ مِنَ الصَّلاَةِ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكاَتُهُ، Salam sejahtera atas orang yang telah mengembalikan matahari yang telah terbenam supaya shalat yang telah berlalu dari waktunya dapat dilakukan pada waktunya dan semoga rahmat dan berkah Allah senantiasa tercurahkan atasnya. اَلسَّلاَمُ عَلَى أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ، Salam sejahtera atas Amirul Mukminin اَلسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِ الْوَصِيِّيْنَ، Salam sejahtera atas penghulu para washi اَلسَّلاَمُ عَلَى إِمَامِ الْمُتَّقِيْنَ، Salam sejahtera atas pemimpin orang-orang yang bertakwa اَلسَّلاَمُ عَلَى وَارِثِ عِلْمِ النَّبِيِّيْنَ، Salam sejahtera atas pewaris ilmu para nabi اَلسَّلاَمُ عَلَى يَعْسُوْبِ الدِّيْنِ، Salam sejahtera atas pemimpin besar agama اَلسَّلاَمُ عَلَى عِصْمَةِ الْمُؤْمِنِيْنَ، Salam sejahtera atas penjaga orang-orang yang beriman اَلسَّلاَمُ عَلَى قُدْوَةِ الصَّادِقِيْنَ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكاَتُهُ، Salam sejahtera atas pemimpin orang-orang ahli hakikat dan kebenaran. Semoga rahmat dan berkah Allah senantiasa tercurahkan atasnya اَلسَّلاَمُ عَلَى حُجَّةِ اْلأَبْرَارِ، Salam sejahtera atas argumen orang-orang yang baik اَلسَّلاَمُ عَلَى أَبِي اْلأَئِمَّةِ اْلأَطْهَارِ، Salam sejahtera atas ayah para imam suci اَلسَّلاَمُ عَلَى الْمَخْصُوْصِ بِذِي الْفِقَارِ، Salam sejahtera atas orang yang pedang Zulfikar dikhususkan untuknya اَلسَّلاَمُ عَلَى سَاقِيِ أَوْلِيَائِهِ مِنْ حَوْضِ النَّبِيِّ الْمُخْتَارِ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ مَا اطَّرَدَ اللَّيْلُ وَ النَّهَارُ، Salam sejahtera atas penghilang dahaga para wali dari telaga Nabi yang terpilih. Semoga shalawat Allah Swt selalu tercurahkan atasnya dan atas keluarganya selama waktu malam dan siang ada اَلسَّلاَمُ عَلَى النَّبَإِ الْعَظِيْمِ، Salam sejahtera atas berita yang besar اَلسَّلاَمُ عَلَى مَنْ أَنْزَلَ اللَّهُ فِيْهِ: (وَ إِنَّهُ فِي أُمِّ الْكِتَابِ لَدَيْنَا لَعَلِيٌّ، حَكِيْمٌ) Salam sejahtera atas orang yang Allah telah menurunkan ayat yang berkenaan dengan-nya, “Dan sesungguhnya dia dalam buku induk yang ada pada Kami Tinggi dan Bijaksana.” اَلسَّلاَمُ عَلَى صِرَاطِ اللَّهِ الْمُسْتَقِيْمِ، Salam sejahtera atas jalan Allah yang lurus اَلسَّلاَمُ عَلَى الْمَنْعُوْتِ فِي التَّوْرَاةِ وَ اْلإِنْجِيْلِ وَ الْقُرْآنِ الْحَكِيْمِ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكاَتُهُ. Salam sejahtera atas orang yang telah dipuji dalam Taurat, Injil dan al-Quran yang bijaksana. Semoga rahmat dan berkah Allah selalu tercurahkan atasnya Setelah itu, tempelkan badan Anda pada makam (dharih) dan ciumlah, lalu ucapkan, يَا أَمِيْنَ اللَّهِ، يَا حُجَّةَ اللَّهِ، يَا وَلِيَّ اللَّهِ، يَا صِرَاطَ اللَّهِ، زَارَكَ عَبْدُكَ وَ وَلِيُّكَ اللاَّئِذُ بِقَبْرِكَ، Wahai pribadi kepercayaan Allah! Wahai hujah Allah! Wahai kekasih Allah! Wahai jalan Allah! Telah menziarahimu budakmu, pencintamu telah berlindung pada kuburanmu وَ الْمُنِيْخُ رَحْلَهُ بِفِنَائِكَ، الْمُتَقَرِّبُ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَ جَلَّ، وَ الْمُسْتَشْفِعُ بِكَ إِلَى اللَّهِ، زِيَارَةَ مَنْ هَجَرَ فِيْكَ صَحْبَهُ، Bermukim di astanamu dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Yang Mahamulia lagi Agung, dan aku memohon syafaatmu kepada Allah ziarahnya orang yang menemuimu sebagai temannya وَ جَعَلَكَ بَعْدَ اللَّهِ حَسْبَهُ، أَشْهَدُ أَنَّكَ الطُّوْرُ، وَ الْكِتَابُ الْمَسْطُوْرُ، وَ الرِّقُ الْمَنْشُوْرُ، وَ بَحْرُ الْعِلْمِ الْمَسْجُوْرُ Dan dia telah menjadikan engkau bagi orang setelah Allah tidak perlu kepada yang lainnya. Aku bersaksi bahwasanya engkau adalah Thur dan Kitab yang tersembunyi, lembaran yang tersebar dan lautan ilmu yang terbentang يَا وَلِيَّ اللَّهِ إِنَّ لِكُلِّ مَزُوْرٍ عِنَايَةً فِيْمَنْ زَارَهُ وَ قَصَدَهُ وَ أَتَاهُ، وَ أَنَا وَلِيُّكَ وَ قَدْ حَطَطْتُ رَحْلِي بِفِنَائِكَ، Wahai kekasih Allah! Sesungguhnya setiap orang yang (niat) berziarah kepadamu, dia akan mendapat pertolongan (begitu pula) bagi setiap yang menziarahi, bermaksud (menemui) dan mendatangimu, aku adalah pecintamu yang telah memastikan perjalananku untuk menemuimu وَ لَجَأْتُ إِلَى حَرَمِكَ، وَ لُذْتُ بِضَرِيْحِكَ لِعِلْمِي بِعَظِيْمِ مَنْزِلَتِكَ، وَ شَرَفِ حَضْرَتِكَ Aku menuju ke astanamu dan berteduh di bawah naungan makammu karena kutahu agungnya kedudukanmu dan kemuliaan dirimu (di sisi Allah) وَ قَدْ أَثْقَلَتِ الذُّنُوْبُ ظَهْرِي، وَ مَنَعَتْنِي رُقَادِي، فَمَا أَجِدُ حِرْزًا وَ لاَ مَعْقِلاً وَ لاَ مَلْجَأً أَلْجَأُ إِلَيْهِ إِلأَ اللَّهُ تَعَالَى، Punggungku telah dibebani banyak dosa yang telah menahanku dari tidurku sedang diriku tidak mendapati tempat penjagaan, tempat berlindung dan tempat kembali yang aku bisa kembali kepadanya selain Allah Yang Mahatinggi وَ تَوَسُّلِي بِكَ إِلَيْهِ، وَ اسْتِشْفَاعِي بِكَ لَدَيْهِ فَهَا أَنَا ذَا نَازِلٌ بِفِنَائِكَ، وَ لَكَ عِنْدَ اللَّهِ جَاهٌ عَظِيْمٌ، وَ مَقَامٌ كَرِيْمٌ، فَاشْفَعْ لِي عِنْدَ اللَّهِ رَبِّكَ يَا مَوْلاَيَ. Dan aku menjadikanmu sebagai perantara kepada-Nya dan memintakanku syafaat-Nya melalui dirimu, inilah diriku yang telah datang di sisimu sedang engkau memiliki kedudukan agung dan derajat yang mulia di sisi Allah, maka syafaatilah diriku di sisi Allah Tuhanmu, wahai junjunganku. Lantas, ciumlah makam suci sedang Anda dalam posisi menghadap kiblat, lantas ucapkanlah, اللَّهُمَّ إِنِّي أَتَقَرَّبُ إِلَيْكَ يَا أَسْمَعَ السَّامِعِيْنَ، وَ يَا أَبْصَرَ النَّاظِرِيْنَ، وَ يَا أَسْرَعَ الْحَاسِبِيْنَ، Ya Allah! Sesungguhnya diriku akan mendekatkan diri kepada-Mu, wahai Yang Paling mendengar dari yang mendengar, Yang Paling melihat dari yang melihat dan Yang Paling cepat (hisab-Nya) dari para penghisab وَ يا أَجْوَدَ اْلأَجْوَدِيْنَ، بِمُحَمَّدٍ خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ رَسُوْلِكَ إِلَى الْعَالَمِيْنَ، وَ بِأَخِيْهِ وَ ابْنِ عَمِّهِ اْلأَنْزَعِ الْبَطِيْنِ، Wahai Yang Paling Pemurah dari para pemurah. Demi kebenaran Nabi Muhammad saw penutup para nabi utusan-Mu untuk semua alam dan demi kebenaran saudaranya, anak pamannya penyingkap hal yang batin الْعَالِمِ الْمُبِيْنِ عَلِيٍّ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ، وَ الْحَسَنِ وَ الْحُسَيْنِ اْلإِمَامَيْنِ الشَّهِيْدَيْنِ، وَ بِعَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ زَيْنِ الْعَابِدِيْنَ، Yang mengetahui semua hakikat yang nyata Ali as pemimpin orang-orang yang beriman, al-Hasan dan al-Husain dua imam yang telah syahid (di jalan Allah Swt), demi kebenaran Ali bin Husain as hiasan orang-orang yang beribadah وَ بِمُحَمَّدِ بْنِ عَلِيِّ بَاقِرِ عِلْمِ اْلأَوَّلِيْنَ، وَ بِجَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ زَكِيِّ الصِّدِيْقِيْنَ، وَ بِمُوْسَى ابْنِ جَعْفَرِ الْكَاظِمِ الْمُبِيْنِ وَ حَبِيْسِ الظَّالِمِيْنَ، Demi kebenaran Muhammad bin Ali as pembelah ilmu orang-orang terdahulu. Demi kebenaran Ja‘far bin Muhammad as penghias manusia-manusia benar. Demi kebenaran Musa bin Ja‘far as yang mereda amarah dengan nyata (pemenjara orang-orang yang zalim) وَ بِعَلِيِّ بْنِ مُوْسَى الرِّضَا اْلأَمِيْنِ، وَ بِمُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ الْجَوَادِ عَلَمِ الْمُهْتَدِيْنَ، وَ بِعَلِيِّ بْنِ مُحَمَّدٍ الْبَرِّ الصَّادِقِ سَيِّدِ الْعَابِدِيْنَ، Demi kebenaran Ali bin Musa ar-Ridha as yang terpercaya. Demi kebenaran Muhammad bin Ali al-Jawad as (pewaris) ilmu orang-orang yang mendapat petunjuk. Demi kebenaran Ali bin Muhammad as orang yang berbuat baik dan benar penghulu orang-orang yang beribadah وَ بِالْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ الْعَسْكَرِي وَلِيِّ الْمُؤْمِنِيْنَ، وَ بِالْخَلَفِ الْحُجَّةِ صَاحِبِ اْلأَمْرِ مُظْهِرِ الْبَرَاهِيْنَ، Demi kebenaran Hasan bin Ali al-Askari as pemimpin orang-orang Mukmin dan demi kebenaran penutup hujah pemilik urusan, penampak segala argumen أَنْ تَكْشِفَ مَا بِي مِنَ الْهُمُوْمِ، وَ تَكْفِيَنِي شَرَّ الْبَلاَءِ الْمَحْتُوْمِ، وَ تُجِيْرَنِي مِنَ النَّارِ ذَاتِ السَّمُوْمِ، بِرَحْمَتِكَ يا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. Agar Engkau menyingkapkan segala kesedihan yang ada pada diriku dan menghindarkanku dari segala bencana yang telah ditentukan dan menjauhkan diriku dari api yang dipenuhi dengan racun, demi rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih. Kemudian, berdoalah sesuai keinginan Anda dan berilah ucapan selamat tinggal lantas Anda bisa meninggalkan tempat itu.’” Aku berkata: Diriwayatkan oleh Sayid Abdulkarim bin Thawus (ra) dalam kitab “Farhâtul-Ghâri” disebutkan bahwa di saat Imam Ali Zainal Abidin as datang ke Kufah dan memasuki mesjidnya sedang di dalamnya, terdapat Abu Hamzah Tsumali (ra) di mana dia termasuk pezuhud kota Kufah dan termasuk pemukanya. Beliau shalat dua rakaat, lantas Abu Hamzah berkata, “Aku tidak pernah mendengar suara sebaik dialeknya, maka aku mendekatinya agar bisa lebih jelas mendengarnya. Di saat itu, aku mendengarnya berkata, إِلَهِي إِنْ كَانَ قَدْ عَصَيْتُكَ فَإِنِّي قَدْ أَطَعْتُكَ فِي أَحَبِّ اْلأَشْيَاءِ إِلَيْكَ Tuhanku! Jika diriku telah berlaku maksiat pada-Mu, ketahuilah sesungguhnya aku pun telah menaati-Mu di atas segala hal yang paling Engkau sukai sekalipun. Di mana itu adalah doa yang sangat terkenal.” Aku berkata: Doa tadi akan kami jelaskan dalam amalan Mesjid Jamik Kufah, dan akan kita lihat di sana bahwa Abu hamzah berkata, “Lalu beliau (Imam) mendatangi tiang ketujuh, lalu melepas kedua sandal beliau dan berhenti, kemudian mengangkat kedua tangannya di sampaing telinga sambil membaca takbir dan tampak sekali rambut-rambut sekujur tubuhnya bergetar karena takut (kepada Allah) lantas shalat empat rakaat, dan beliau sangat menjaga tata cara rukuk dan sujudnya. Seusai shalat, beliau membaca doa beliau sampai selesai. Sesuai dengan riwayat yang sedang kita bahas kali ini, kemudian Imam bangkit, dan berkata Abu Hamzah, ‘Lantas aku mengikutinya menuju tempat unta di kota Kufah lalu di sana aku dapati beliau bersama dengan budak hitam dan unta, lalu aku bertanya, ‘Wahai budak hitam, siapakah dia?’ ‘Apakah kau tak dapat mengenalnya lewat paras mukanya? Dia adalah Ali bin Husain as,’ lalu Abu Hamzah berkata, ‘Lantas aku jatuhkan tubuhku di atas kedua kaki beliau dan kucium kakinya namun beliau tidak membiarkannya, dan dengan tangannya yang mulia, beliau mengangkat kepalaku seraya berkata, ‘Janganlah engkau bersujud melainkan hanyalah kepada Allah Swt.’ Aku berkata, ‘Wahai putra Rasulullah! Untuk apa engkau datang ke tempat ini?’ Beliau berkata, ‘Untuk melakukan apa yang telah engkau lihat dariku yaitu melakukan shalat di Mesjid Kufah. Jika orang-orang mengetahui keutamaannya maka mereka akan datang ke tempat tersebut meskipun dengan merangkak,’ kemudian beliau berkata, ‘Sudikah engkau berziarah bersamaku ke makam kakekku Ali bin Abi Thalib?’ Aku berkata, ‘Ya.’ Kemudian aku berjalan mengiringi untanya sambil berbincang-bincang sampai kami tiba di Ghariyain, yaitu kubah putih yang memancarkan cahaya, lantas beliau turun dari untanya lalu beliau menempelkan kedua pipinya secara bergantian ke tanah kemudian berkata, ‘Wahai Abu Hamzah! Ini adalah kuburan kakekku Ali bin Abi Thalib,’ lalu beliau menziarahinya dengan ziarah yang awalnya, اَلسَّلاَمُ عَلَى إِسْمِ اللَّهِ الرَّضيِّ وَ نُوْرِ وَجْهِهِ الْمُضِيْئِ Salam sejahtera atas nama (simbol) Allah yang diridhai dan cahaya wajah-Nya yang bersinar terang. Kemudian beliau mengucapkan selamat tinggal dan setelah itu, beliau kembali ke Madinah sedangkan aku kembali ke Kufah.’” Aku berkata: Aku menyayangkan kenapa Sayid (Ibnu Thawus-pen) tidak menyebutkan ziarah ini dalam kitab al-Farhât, dan aku pun mencarinya satu persatu dari kitab yang ada dari setiap ziarah yang diriwayatkan untuk Amirul Mukminin as. Aku tidak mendapatkan ziarah yang diawali dengan kalimat tersebut kecuali ziarah di atas. Aku telah memulainya sebagaimana yang telah dimulai dari redaksinya yang terdahulu, اَلسَّلاَمُ عَلَى إِسْمِ اللَّهِ الرَّضِيِّ Salam sejahtera atas nama (simbol) Allah yang diridhai Akan tetapi terjadi perbedaan dari kelanjutannya yaitu, وَ نُوْرِ وَجْهِهِ الْمُضِيْئِ Dan cahaya wajah-Nya yang bersinar terang. Yang ada kemungkinan bahwa itu adalah ziarah yang tadi, walaupun ada perbedaan yang sederhana dan tidak terlalu prinsip. Jika engkau katakan: Ziarah tadi tidak dimulai dengan kalimat, اَلسَّلاَمُ عَلَى إِسْمِ اللَّهِ الرَّضِيِّ Salam sejahtera atas nama (simbol) Allah yang diridhai Akan tetapi dimulai dengan kalimat, سَلاَمُ اللَّهِ وَسَلاَمُ مَلآئِكَتِهِ، Salam Allah dan salam para malaikat-Nya. Aku akan menjawab: Apa yang telah lalu dari kalimat tersebut adalah salam untuk meminta izin, adapun ziarah itu sendiri dimulai dengan, اَلسَّلاَمُ عَلَى إِسْمِ اللَّهِ الرَّضِيِّ Salam sejahtera atas nama (simbol) Allah yang diridhai. Sebagai kesaksian atas apa yang telah aku katakan adalah, adanya perbedaan mencolok antara ziarah tersebut dengan ziarah yang dibaca pada hari kelahiran sekalipun keduanya memiliki sisi kesamaan. Maka untuk mengetahui hal tersebut, perhatikanlah baik-baik redaksi kedua ziarah tadi. Ketahuilah bahwa redaksi kedua doa ziarah ini pun tanpa diawali kalimat yang terdapat dalam ziarah keenam pada ziarah untuk hari kelahiran namun bukan diawal keduanya melainkan di tengahnya. Wallâhu A‘lam. Tapi secara keseluruhan, ziarah mutlak yaitu ziarah ketujuh di atas telah cukup bagi kita. Jika seseorang menginginkan lebih dari ini maka bacalah ziarah Jami‘ah dan ziarah Mabsuthah yang dibaca untuk hari Ghadir Khum dan selayaknya para peziarah menggunakan kesempatan untuk ziarah Amirul Mukminin as, shalat di tempat astana beliau yang suci karena shalat yang dilakukan di astana beliau pahalanya sama dengan seribu shalat. Diriwayatkan dari Imam Shadiq as berkata, “Sesungguhnya barangsiapa menziarahi Imam yang ketaatan diwajibkan atasnya kemudian dia melakukan shalat di tempat tersebut sebanyak empat rakaat maka akan dicatat baginya pahala haji dan umrah.” Telah kami sebutkan secara ringkas tentang keutamaan berdampingan dengan makam Amirul Mukminin as dalam kitab “Hadiyyah az-Zâir.” Hal itu untuk menjaga hak bertetanggaan, ini merupakan syarat utama yang harus dipenuhi dengan berbagai kesulitan dan tidak mudah dilaksanakan oleh setiap orang. Pembahasan ini tidak cukup diulas secara ringkas. Oleh karena itu, barangsiapa yang menghendaki pembahasan lebih luas maka hendaknya dia merujuk ke kitab “Kalimat Thayyibah” berbahasa Parsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar