Total Tayangan Halaman

Senin, 18 Maret 2013

20 Cara Cepat Menghilangkan Stress | Tips


20 Cara Cepat Menghilangkan Stress | Tips

- Stress merupakan keadaan di mana kita merasa sangat penat, terbebani, dan perasaan yang tidak karuan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pun bisa mengalami stress, hanya saja pada anak-anak mungkin tidak sesering orang dewasa yang biasanya sering mengalami stress karena pusing terlalu banyak pekerjaan dan urusan lainnya, Apalagi baru diputusin ama pacar! wah makin nambah aja, jadinya Stres + Galau T_T....
Mungkin ini bisa menjadi referensi untuk mengatasinya...

Berikut adalah cara Cara Cepat Menghilangkan Stress :

1. Tarik nafas dalam-dalam
Sewaktu kamu menarik nafas yg dalam secara sadar, itu akan membuat sobat lebih relax, kata Frederic Luskin, PhD, pengarang Stress Free for Godd (HarperOne). Taruh tanganmu diatas pertumu dan pandanglah perutmu yg mengembang sekitar 3-4 detik ketika kamu manrik dafas dalam, tahan nafasmu, kemudian lepaskan nafasmu pelan2 sambil melihat perutmu mengecil lagi.

2. Memikirkan hal yang menyenangkan
Setiap pagi, pikirkan 1 hal kecil yang menyenangkan yg kamu rencakan untuk dilakukan pada hari itu (nelponin sang pacar) dan 1 hal besar (trip jalan2 ke gunung), demikian saran Allen elkin PhD, direktur Stree Manajemen dan pusat konsultasi. Dengan demikian akan melatih otak sobat untuk tidak memikirkan kejadian tidak mengenakan yang akan terjadi hari itu.

3. Lakukan perubahan kecil terhadap rutinitas sobat.
Lakukan perubahan kecil terhadap rutinitas sehari-hari sobat. contoh: menyoba makanan baru yang tidak pernah sobat rasakan.

4. Keluarkan foto-foto hari special sobat yg berbahagia
Keluarkan foto2 dari 3 hari spesial sobat yg berbahagia, seperti foto ketika sobat mendapat penghargaan, kelahiran anak, dsb. Hanya memsobatng foto2 itu selama 10 detik dapat mengurangi ketengangan sobat dan sobat akan lebih relax.

5. Berilah pujian untuk sekeliling sobat
Studi menemukan bahwa semakin banyak sobat memberikan perlakuan hangat kepada sekeliling sobat, semakin sobat tahan terhadap stress. Maka pujilah hasil kerja teman-teman sobat karena itu akan berakibat baik untuk kedua belah pihak

6. Jadilah hari Senin itu sebagai hari yang menyenangkan
Banyak orang yg tidak suka akan hari Senin karena memikirkan kerjaan menumpuk dan penantian yang lama untuk ke akhir minggu. Serangan jantung juga lebih banyak terjadi di hari Senin daripada hari-hari lainnya. Oleh sebab itu, jadwalkan kegiatan yang menyenangkan sobat justru di hari Senin karena sobat akan menanti-nantikan hari tersebtu daripada membencinya. Seperti: jadwalkan kunjungan apel ke pacar sobat justri di hari Senin tersebut

7. Berilah waktu 15 menit untuk sobat sendiri sebelum pulang ke rumah
Setelah jam kerja berakhir, bersantailah sekitar 15 menit untuk diri sobat sendiri sebelum memutuskan untuk pulang ke rumah. Itu bukanlah berarti sobat menghabiskan waktu, tetapi akan membantu diri sobat untuk menjauhkan kepenakan yang sobat dapatkan di kantor sehingga mood sobat akan menjadi lebih baik saat sobat tiba di rumah.

8. Bikinlah daftar tentang kekhawatiran sobat
Kadang sobat terlalu khawatir sampai tidak bisa tidur di malam hari. Jika ini terjadi, ambil lah kertas dan tulislah semua kekhawatiran mu. Kemudian bicaralah pada dirimu sendiri bahwa saya baru akan khawatir besok hari. Kammu akan terkejut kalau sobat akan memsobatng kekhawatiran tersebut secara berbeda keesokan harinya.

9. Belajar untuk bertengkar secara fair
Dalam suatu polling, bertengkar dengan sesama adalah salah satu stress terbesar. Menurut bonnie Eaker Weil, PhD, ambilah 5 menit time-out untuk menarik nafas dan calm down dan akhirilah pertengkaran dengan hal-hal yang positif seperti seling peluk atau cium. Halo ini akan mengurangi stress sobat.

10. Menghirup wangi tanam-tanaman
Menurut Sue Jonas ahli aromaterapi, mencium wangi Valerian bisa membantu sobat tidur dan wangi bunga mawar akan menenangkan sobat.

11. Melihat dari sudut psobatng yg berbeda
Pada saat kita menghadapi masalah, cobalah melihat dari sudut psobatng yg berbeda. Tariklah nafas yang dalam, dan bayangkan stress sobat yang mengecil dan kebahagiaan yang mananti sobat.

12. Tidur
Aktivitas ini bisa dibilang efektif. Mendapatkan tidur nyenyak yang cukup memiliki dampak besar pada tingkat stres sobat. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkit.
Tidur tidak hanya mengurangi tingkat pemulihan sobat. Tapi ingat, ini bsia juga meningkatkan tingkat stres dalam tubuh sobat jika kadarnya berlebih. Jadi, jangan kesiangan karena ini akan membuat sobat bertambah lesu.

13. Tertawa
Tawa luka stres dan mempromosikan relaksasi. Itu, pada gilirannya, membantu sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Temukan humor dalam hal-hal dan terlibat dalam aktivitas yang membuat sobat tertawa untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.

14. Olahraga
Latihan akan merevitalisasi tubuh dan pikiran sobat dan sobat akan siap untuk menghadapi apa pun. Olahraga teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stres dengan menyediakan gangguan dari situasi stres dan meningkatkan endorfin (merasa-baik tubuh kimia).
Penelitian menunjukkan bahwa 20 menit setiap hari adalah semua yang diperlukan untuk pengalaman manfaat. Jadi mendapatkan beberapa memompa darah dan melepaskan beberapa endorfin.

15. Meditasi
Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi juga untuk relaksasi otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.
Cobalah mulai sekarang renungkan untuk memanggil energi positif. Caranya mudah, cukup hanya mengambil nafas panjang dan mengosongkan pikiran sobat. Lakukan meditasi10 menit saja dan reguk manfaatnya.

16. Dengarkan Musik
Apakah sobat terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau bersiap untuk hari yang berat di tempat kerja, mendengarkan musik favorit sobat merupakan metode yang bagus untuk mengurangi stres dan menghilangkan kecemasan.
Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Cari tahu apa jenis musik yang bisa membantu sobat bekerja yang terbaik dan kemudian membuat koleksi musik untuk membantu sobat rileks dan merasa baik.

17. Psobati-psobatilah bersyukur
Bersyukur merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stress, bagaimana tidak. karena pada umumnya orang mengalami stress karena tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari ALLAH SWT dan seyogyanya kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas.

18. Libatkan indera sobat
Aroma tertentu dapat memiliki efek, menenangkan relaksasi pada keadaan pikiran sobat. sobat dapat mencoba menempatkan lilin lavender, lemon atau chamomile beraroma di sekitar rumah atau kantor sobat. sobat juga dapat menggunakan salah satu dari aroma di kamar mandi sobat.

19. Minum teh hijau
Teh hijau mengandung asam amino, Theanine, yang membantu dalam produksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut Dopamin. Kedua Dopamin dan Theanine merangsang perasaan kesejahteraan di dalam tubuh. Namun, kafein dapat memperburuk respon stres, jadi hindari minuman berkafein.

20. Pijat
Pijat seluruh tubuh membantu untuk melepaskan ketegangan dan rasa sakit dari stres otot tegang. Jika sobat tidak pernah mengalami pijat, sobat akan kehilangan salah satu hal paling indah dalam hidup.


Sekian dulu tips dari saya, terima kasih telah membaca artikel tentang 20 Cara Cepat Menghilangkan Stress semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman2nya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar