Total Tayangan Laman

Rabu, 08 Agustus 2012

ADAB BERHUBUNGAN SUAMI ISTRI

M.MUHRIKAIZI
ADAB DALAM BERHUBUNGAN SUAMI ISTRI
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

Seorang ketika baru menikah atau akan menikah, sewajarnya mengetahui adab-adab malam pertama agar kesan pertama dan keindahan malam pertama tidak hilang percuma dan terasa keindahannya. Islam telah mengajarkan adab-adab tersebut.

Sejalannya dengan waktu, setelah malam pertama terlewati, maka yang tertinggal adalah kehidupan suami istri. harmonis atau tidaknya dan baik buruknya hubungan tersebut tergantung bagaimana suami dan istri menyikapinya. akan tetapi, Islam selalu mengajurkan dan bahkan memerintahkan untuk selalu berbuat baik dan bersikap romantis agar keharmonisan keluarga tetap terjaga. Allah berfirman :

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Artinya : "Dan bergaullah dengan mereka (istri-istri kalian) secara baik. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (QS An-Nisa : 19)

Dan termasuk adab dalam berhubungan suami istri (bersenggama) adalah sebagaimana yang disabdakan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : أَمَا إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا ثُمَّ رُزِقَ أَوْ قُضِىَ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ لَمْ يَضُرَّهُ الشَّيْطَانُ

Artinya: "Ibnu Abbas berkata, Rasulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda: "Apabila seseorang membaca doa berikut ini sebelum menggauli isterinya: "bismillah allahumma jannibnis syaithan wa jannibis syaithan ma razaqtana" (Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Eukau rizkikan kepada kami (anak, keturunan), kemudian dari hubungan tersebut ditakdirkan menghasilkan seorang anak, maka ia tidak akan diganggu oleh setan selamanya" (HR. Bukhari dan Muslim)

Untuk doa sebelum berhubungan suami istri adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

"bismillah allahumma jannibnis syaithan wa jannibis syaithan ma razaqtana"

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Eukau rizkikan kepada kami (anak, keturunan)."

Jika anda tidak hafal doa tersebut dengan bahasa arab, maka cukuplah berdoa dengan bahasa indonesia atau bahasa yang mudah bagi anda, kerena Allah Maha Mengetahui.