Total Tayangan Halaman

Kamis, 27 Agustus 2020

Tentang buku ini

Segala puji bagi Allah yang menjadikan pujian atas-Nya sebagai kunci untuk mengingat-Nya, dan menciptakan segala sesuatu yang selalu memanjatkan pujian dan syukur kepada-Nya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan atas Nabi-Nya, Muhammad yang namanya terbentuk dari nama-Nya yang terpuji dan atas keluarganya yang suci, terpuji, dan dermawan. Selanjutnya,saya, Abbas bin Muhammad Ridha Qomi, hamba yang selalu membutuhkan (rahmat Allah) dan berpegang teguh kepada hadis-hadis Ahlulbait as, katakan, “Sejumlah orang mukmin meminta saya untuk menelaah kitab doa Miftâh al-Jannah yang pada masa itu sering dibaca oleh masyarakat, dengan harapan agar saya menulis ulang doa-doa memiliki sanad (yang sahih) yang ada di dalamnya. Mereka juga meminta saya untuk menambahkan sebagian doa dan teks-teks ziarah yang sangat berharga namun tidak dimuat dalam kitab doa tersebut. Saya pun menyanggupi permintaan mereka, lalu jadilah kitab doa ini. (Peletakan bab dan tata cara tulisannya) sesuai dengan urutan dalam kitab tersebut di atas. Saya memberinya judul Mafâtîh al-Jinân (Kunci-kunci Surga). Kitab doa ini memuat tiga bab, sebagai berikut: Bab pertama, meliputi ta’qîb (doa-doa yang dibaca setelah melaksanakan shalat wajib harian), teks doa-doa harian, amalan-amalan hari dan malam Jumat, teks doa-doa masyhur, lima belas munâjât, dan lain-lain. Bab kedua, meliputi amalan-amalan di setiap bulan dalam setahun, penjelasan tentang fadhilah (keutamaan), dan amalan-amalan hari raya pergantian tahun Hijriyah (Nourûz)(1) serta amalan-amalan pada bulan Romawi. Saya berharap semoga mereka (para pemohon) melaksanakan sesuai dengan isi kitab doa ini dan tidak lupa untuk berdoa, membacakan ziarah, dan meminta ampunan (kepada Allah) untuk hamba yang berlumuran dosa (penyusun buku) ini.” 1. Nourûz: Tahun baru hijriah Syamsiah (berdasarkan edaran matahari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar